Perbedaan Skill dan Attitude, Berikut Penjelasannya

Ketika dalam masa pembelajaran atau masa sekolah, sobat DWC pasti diajari banyak kemampuan dan juga sopan santun. Mengapa? Tentunya hal ini akan sangat berguna nantinya di dunia pekerjaan.

Ada dua hal yang sangat penting ketika sobat DWC masuk ke dalam dunia kerja, yaitu Skill dan Attitude. Jika sobat DWC memiliki kedua hal ini, pastinya karir akan berjalan dengan baik di masa depan. Berikut sedikit informasi untuk teman-teman untuk mudah memahami skill dan attitude apa yang harus di miliki.

Skill adalah kemampuan atau keahlian untuk melakukan sesuatu yang asalnya dari pengalaman atau dari hasil Latihan. Dengan skill, maka pekerjaan atau tugas yang dimiliki dapat terselesaikan dengan baik. Perlu diketahui juga, ada skill yang bisa didapatkan dengan cara berlatih. Tapi ada juga skill yang hanya bisa dilakukan sebagian orang seperti kecerdasan, ketangkasan serta kemampuan fisik.

Oleh sebab itu ada 2 jenis skill yang dapat dikategorikan, seperti:

1. Hard Skill

Hard skill adalah kemampuan spesifik yang dimiliki seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sobat DWC bisa memiliki skill ini dengan menempuh pendidikan maupun lewat pengalaman hidup. Nah, berikut ini adalah contoh dari beberapa hard skill :

  • Kemampuan programming
  • Kemampuan marketing SEO atau SM
  • Kemampuan data mining
  • Kemampuan UI Design
  • Kemampuan memakai software Adobe, Microsoft dan lain-lain
  • Menguasai beragam bahasa asing

2. Soft Skill

Soft skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang secara alami yang mencakup kecerdasan emosional maupun sosial, bagaimana cara komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Dalam hal ini, soft skill merupakan karakter bawaan individu.

Soft skill biasanya tidak dapat ditemukan dengan belajar secara formal di bangku sekolah atau perkuliahan, tetapi bisa sobat DWC pelajari dengan lebih banyak berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Sehingga kepekaan sosial akan terlatih.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari soft skill :

  • Integritas
  • Berpikir kritis
  • Organisasi
  • Empati
  • Komunikasi yang efektif

Jika teman-teman sudah menguasai kedua skill ini, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan atau meningkatkan skill yang sudah dimiliki.

Apa saja sih tips untuk meningkatkan skill?

  1. Membuat daftar skill yang akan ditingkatkan dan dibutuhkan untuk pekerjaan dan karier
  2. Tekun mengikuti pelatihan atau belajar dari segala sumber yang sesuai dengan skill yang sobat DWC miliki
  3. Menetapkan tujuan pencapaian dan membuat daftar langkah pencapaian apa yang sudah sobat DWC raih. Utamakan kejujuran pada diri sendiri
  4. Memiliki panutan atau mentor yang dapat mengarahkan sobat DWC untuk meningkatkan skill
  5. Membuat tes atau pengujian sehingga bisa mengetahui hasil dari proses peningkatan skill

Lalu apa itu attitude dan seberapa penting?

Attitude adalah perilaku seseorang dalam merespon sesuatu saat  berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bukanlah bawaan lahir atau merupakan sikap yang tetap, melainkan dinamis bisa berubah tergantung situasi dan syarat tertentu yang memengaruhi berubahnya sikap pada individu tersebut.

Ada tiga hal yang membuat attitude menjadi penting, di antaranya adalah

1. Attitude mengalahkan hard skill

Skill mungkin bisa dipelajari, tapi untuk mengubah attitude sangatlah sulit. Beberapa orang memiliki sifat atau kepribadian tertentu yang membuat cukup sulit untuk mengalami perubahan yang signifikan. Orang yang memiliki attitude yang baik memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

Dalam dunia kerja, perusahaan lebih suka memilih calon karyawan yang punya kepribadian terbuka dan rendah hati karena mereka bisa dan siap ditempatkan dimana saja.

2. Attitude memungkinkan pekerja lebih kompak

Secara tidak langsung, attitude adalah bagian dari sikap saling menghormati rekan kerja, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kerjasama tim menjadi optimal. Perusahaan tentu lebih menyukai pekerja-pekerjanya adalah tim yang solid dan saling bersinergi.

3. Attitude membantu mengatasi berbagai masalah

Ketika dalam lingkungan kerja kompak dan saling menghargai, maka suasana akan menjadi nyaman. Tidak hanya hubungan atasan dan bawahan, melainkan sesama rekan kerja. Sehingga semua permasalahan bisa segera teratasi dengan baik.

Jadi, sobat DWC jangan lupa untuk memiliki atau mengubah attitudeyang tidak baik menjadi baik yaa..

Meskipun berbeda, tetapi memiliki skill dan attitude baik sangatlah dianjurkan, agar sobat DWC memiliki perjalanan karir yang cemerlang di dunia kerja. Terima kasih sudah membaca artikel ini…

Scroll to Top