Marketing communication atau marcom sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman ya. Apalagi bagi yang mempunyai cita-cita bekerja sebagai seorang Marcom di hotel. Pada kali ini kami akan share sedikit informasi gambaran mengenai profesi marketing communication. Seorang Marcom tugas utamanya adalah untuk menyusun strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan demi kepentingan mencapai target pasar dengan berbagai media.
Oleh karenanya, posisi ini mengambil peran vital di hotel. Ia harus kreatif dan mengikuti trend promosi yang kekinian. Pengin lebih tahu? Yuk simak info lengkapnya!
Marketing Communucation/Marcom
Marketing communication atau yang sering disingkat sebagai marcom adalah kegiatan pemasaran yang berfokus pada komunikasi antara produsen dan konsumen. Marcom bertujuan untuk membangun citra merek, meningkatkan kesadaran konsumen, serta mempengaruhi konsumen agar memilih produk atau layanan yang ditawarkan oleh produsen. Hal ini yaitu antara hotel dan tamu/konsumen.
Selain itu, public relations juga menjadi bagian penting dari marcom, dimana perusahaan menjaga hubungan yang baik dengan media dan masyarakat, sehingga dapat membantu membangun citra positif merek dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Seperti menjaga relasi dengan aparat, instansi maupun sekolahan.
Pekerjaan Marketing Communication
Pada dasarnya marcom mencakup pula kegiatan seperti marketing PR, client relations, iklan, komunikasi internal. Untuk itu, pekerjaan marketing communication wajib memiliki skill yang baik tentang hal-hal berikut ini ya teman-teman
1. Menulis
Menulis jadi satu skill penting untuk pekerjaan marketing communication. Sebab, strategi pemasaran tidak pernah lepas dari penggunaan kata-kata.
Keperluan menulis juga banyak mediumnya mulai dari press release, news letter, dan lainnya. Dengan penulisan yang bagus dan menarik dapat menghipnotis calon tamu agar lebih yakin dalam memilih layanan/properti hotel kita.
2. Public Speaking
Kebanyakan tugas dari seorang marketing communication membutuhkan kemampuan berbicara baik internal maupun juga ke klien, sehingga kemampuan public speaking yang baik sangat dibutuhkan.
3. Komunikasi yang Baik
Komunikasi yang baik adalah kunci dari pekerjaan marcom. Tidak sebatas komunikasi verbal saja, lho tapi juga komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal termasuk bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan intonasi suara.
Dengan komunikasi yang baik, kita dapat memahami apa yang dibutuhkan dan dirasakan tamu,
Tugas Seorang Marcom
Setelah memahami skill yang dibutuhkan, mari kita ketahui apa saja yang akan jadi tugas dari pemasaran komunikasi, di antaranya sebagai berikut.
1. Promosi
Tugas pertama seorang marcom adalah melakukan promosi. Ini merupakan aktivitas penjualan produk yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang.
Dalam menjalankan tugas promosi, seorang marcom akan terlibat dalam penentuan strategi hingga media promosinya. Seperti Instagram, Facebook, TikTok maupun platform lainnya.
2. Memasarkan Produk Secara Langsung
Marcom juga terlibat dalam melaksanakan strategi dan melakukan pemasaran langsung. Biasanya pemasaran langsung ini dilakukan lewat negosiasi. Saat melakukan negosiasi ini, seorang marcom harus mampu menjelaskan keunggulan produk dan meyakinkan calon tamu hotel.
3. Menjaga Hubungan Baik
Tugas marcom juga berkaitan dengan menjaga hubungan baik dengan konsumen maupun instansi. Hubungan baik ini sangat berguna untuk menjaga citra produk di mata masyarakat Keberhasilan menjaga hubungan juga pada akhirnya memengaruhi orang untuk mencoba produk kita.
Bagaimana teman-teman, jadi tambah mantapkan ilmunya.