Halo teman-teman, kembali lahi mari kita bahas departement yang ada di hotel. Tentunya departement ini langsung berhubungan dengan tamu yaitu housekeeping.
Housekeeping adalah gabungan dari dua kata, yaitu “house” dan “keeping” masing masing di antaranya memiliki arti “rumah” dan “pemelihara”. Jika digabungkan maka pengertian dari housekeeping adalah orang atau departemen yang mengurus dan memelihara suatu penginapan atau hotel.
Jam kerja housekeeping mengacu Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2000 yaitu selama 8 jam dalam satu hari, dan pada umumnya jam kerja tersebut akan dibagi kedalam beberapa shift. Kurang lebih ada 3 shift yang berlaku yaitu mulai 06.00 – 14.00 untuk shift pagi, 14.00 – 22.00 untuk shift siang, dan 22.00 – 06.00 untuk shift malam. Tetapi ada juga perhotelan yang menggunakan 4 shift.

Pembagian pekerjaan dalam housekeeping terbagi dalam beberapa seksi, seperti;
1. Room Section
Tugas seksi ini adalah membersihkan dan merapikan ruangan atau kamar setelah tamu check out. Mengumpulkan laundry yang kotor dan mengantarkannya ke ruang laundry, mengganti sprei dan selimut, membersihkan debu, hingga membersihkan kamar mandi.
Seksi ini adalah salah satu yang paling disorot kinerjanya. Kamar yang rapi dan nyaman pasti meningkatkan kepuasan menginap. Sebaliknya, jika ada saja kekurangan yang ditemukan oleh tamu pada kebersihan dan kerapian kamarnya, tingkat kepuasan tamu juga akan berkurang.
2. Public Area Section
Seksi ini bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pelayanan di area-area publik seperti lobi, kolam renang, gym, dan fasilitas umum lainnya. Pemeliharaan kebersihan dari area umum harus dijaga dengan sangat baik karena banyaknya orang yang berlalu lalang dan memanfaatkan area umum tersebut. Ruang umum yang kotor tentu akan membuat sebuah penginapan menjadi tidak nyaman dan tidak menarik untuk dilihat.
3. Laundry Section
Sesuai namanya, seksi ini bertugas untuk mencuci, menyetrika dan melipat semua kain yang digunakan di hotel. Termasuk juga memberikan jasa laundry kepada tamu (jasa ini tidak gratis, akan dikenakan biaya yang diperhitungkan saat tamu check out). Semua kain milik hotel tersebut meliputi handuk mandi, bathrobe, gorden, sprei dan selimut. Pada beberapa hotel, seragam karyawan juga termasuk menjadi tanggung jawab bagian ini.
4. Linen Section
Seksi ini merupakan kelanjutan dari seksi laundry. Tugasnya adalah mendistribusikan linen dan kain-kain yang sudah rapi dan bersih ke semua lini dan ruangan hotel yang membutuhkannya. Jika linen section mengalami keterlambatan maka otomatis ruangan tidak akan mendapatkan berbagai handuk dan kain bersih lainnya dengan cepat.
5. Florist and Gardener
Sesuai dengan namanya, seksi ini bertanggung jawab atas keindahan taman dan bunga-bungaan di sekitar hotel.
Florist bertanggung jawab atas kesegaran dan keindahan buket dan rangkaian bunga yang diletakkan di ruangan-ruangan hotel. kamar, lobi, restoran, hingga lorong-lorong penginapan. Mereka juga yang akan bertugas jika hotel membutuhkan rangkaian bunga khusus untuk suatu event.
Sedangkan gardener bertugas memelihara tumbuhan dan taman di luar dan dalam hotel. Baik di taman depan, gazebo, taman di sekitar kolam renang dan taman bermain untuk anak. Termasuk melakukan pemangkasan secara teratur, pembersihan dan penyiangan tanaman.
Secara struktural departement ini ada jenjang karir yang bisa teman-teman raih dari seorang housekeeper loh..
1. Executive Housekeeper
Executive housekeeper biasanya disebut juga dengan manajer yang merupakan pimpinan tertinggi dalam departemen. Manajer bertanggung jawab dalam mengawasi jalannya operasional dan kinerja staf di bawahnya.
2. Assistant Housekeeper
Assistant housekeeper berperan mendampingi Manajer dalam menjalankan tugasnya. Selain sebagai pendamping, seorang asisten juga kerap kali mewakili manajer yang berhalangan hadir. Tugas lainnya dari assistant housekeeper adalah merangkum semua laporan dan menyampaikannya kepada manajer.
3. Order Taker
Order taker memiliki tugas yang hampir sama dengan customer service di sebuah hotel. Order taker bertanggung jawab untuk menerima pesanan dari taku yang menginap, mencatatnya kemudian melaporkannya kepada departemen housekeeping.
4. Floor Supervisor
Floor supervisor bertugas di setiap lantai. Tanggung jawab utamanya dalam housekeeping adalah mengawasi kinerja housekeeper dalam melayani tamu. Mereka juga yang pertama kali bertanggung jawab apabila terdapat komplain dari tamu.
5. Housekeeper
Posisi ini adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan tamu. Mereka akan mengunjungi kamar tamu untuk membersihkannya atau memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh para tamu. Karena itu, seorang housekeeper wajib memiliki sikap yang ramah.
Post Views: 383