Ini Dia Macam-Macam Jenis Pekerjaan di Hotel

Pariwisata yang kini sedang digalakan oleh pemerintah membutuhkan gandengan tangan dari para steakholder. Restoran, hotel, biro perjalanan wisat, influencer dan masih banyak lagi.

Semua elemen pariwisata tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing masing. Sebagai contoh yaitu hotel sebagai sarana penyediaan fasilitas penginapanuntuk tamu luar kota. Tapi tahu gak sih dibalik megahnya fasilitas hotel yang biasa kita tinggali punya banyak orang dibalik layar tersebut loh?

Pekerjaan nya apa saja ya kira-kira

Secara umum, ada dua jenis pekerjaan yang terdapat di hotel. Yang pertama adalah sebagai staff guest service. dan kedua bagian administratif.

Tipe pelayanan

Petugas Penerima Tamu / Resepsionis / Front Desk Clerks

Tugas umum petugas front desk clerk adalah melayani pemesanan kamar hotel, memverifikasi reservasi tamu, hingga mengecekkan ketersediaan ruangan bila tamu belum melakukan pemesanan (reservasi).

Porter alias Pengangkut Barang

Porter adalah jenis pekerjaan di hotel yang bertanggung jawab membantu tamu dan staff hotel lainnya untuk mengangkut berbagai barang. Segera ketika ada tamu masuk, porter yang berseragam harus segera menyambutnya dan membantu membawakan barang-barang yang ada.

Concierge

Concierge secara harafiah berarti pembuka pintu. Mereka memiliki tugas untuk memenuhi kebutuhan “tidak formal” dari tamu. Misalnya, bila tamu butuh babysitter, maka tamu bisa menghubungi concierge yang akan mengatur kebutuhan tersebut.

Housekeeping alias Tukang Bersih-bersih dan Merapikan Ruangan

Pekerja pembersih dan perapi kamar bertugas untuk membersihkan dan merapikan kamar tamu hingga bagian lobby.

Pelayanan Kamar alias Room Service

Room service atau bagian pelayanan kamar bekerja melayani jasa-jasa yang disediakan untuk tamu saat beraktivitas di dalam kamar. Sebagai contoh seperti, pemesanan makanan dari tamu kemudian diproses oleh restauran tersebut sekaligus mengantarkan hingga kamar tamu.

Waiter / Waitress

Waiter/waitress memiliki pekerjaan khusus yaitu memberikan service kepada para tamu saat sarapan ataupun makan di restoran.

Staff Dapur

Ada berbagai jenis pekerjaan di dapur yang harus dikerjakan mulai dari memasak, menyiapkan sajian dengan baik, mencuci piring, hingga memesan bahan makanan.

Supervisor of Guest Services

Supervisor guest service bertanggung jawab meng-hire house keeper, front desk, hingga concierge. Di beberapa hotel yang memiliki divisi khusus untuk komunikasi via telp dengan calon tamu, supervisor guest service juga bertanggung jawab untuk pekerjaan tersebut.

Front Desk Supervisor

Front desk supervisor memiliki tanggung jawab atas pegawai-pegawai yang berada pada front desk.

Housekeeping Supervisor

Housekeeping supervisor bertugas untuk menyeleksi housekeeper baru sampai membrikan training pada mereka. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab menentukan jadwal pada tiap shift. Tipe pekerjaan ini biasanya diraih setelah housekeeper bekerja lama dan dianggap profesional di bidangnya.

Manajer Dapur

Manajer dapur bertugas menerima pegawai dapur baru dan memastikan mereka mendapatkan training yang memadai.

Restaurant Manager

Tipe pekerjaan di hotel berikutnya adalah manajer restaurant alias restaurant manager. Mereka yang bekerja pada posisi ini bertugas untuk memastikan restoran beroperasi dengan baik. Misalnya saja, mereka bertanggung jawab untuk mentraining pelayan restauran hingga menerima komplain dari tamu.

Executive Chef

Koki eksekutif berwenang membuat rencana makanan sesuai dengan aturan dan panduan pada hotel tersebut. Mereka juga bertugas untuk menjadi supervise atas pekerja dapur di bawahnya. Bahkan mereka juga bertanggung jawab untuk memesan makanan serta memastikan budget sesuai dengan aturan hotel.

Jenis Pekerjaan di Hotel Tipe Administratif

Jenis pekerjaan kedua ini bertipe administratif. Berikut ini di antaranya:

Marketing dan Iklan

Tidak ada hotel yang bisa maju tanpa divisi marketing dan iklan (advertising). Kedua posisi ini dibutuhkan untuk mempromosikan hotel dengan strategi yang optimal. Beberapa hotel, punya staff marketing dan advertising tetap, sedangkan yang lain tidak tetap. Kadang, mereka juga menyewa jasa luar meski sudah punya marketing sendiri ketika sedang ingin beriklan secara besar-besaran.

Akuntan

Seorang akuntan pastinya bekerja dalam bidang keuangan. Mereka akan mencatat dan bertanggung jawab pada semua transaksi keuangan mulai dari pendapatan, pengeluaran, pajak, dan lain sebagainya.

Purchasing

Jenis pekerjaan di hotel berikutnya adalah purchasing. Sebagaimana namanya, tipe pekerjaan ini membawahi area pembelian berbagai produk yang dibutuhkan. Misalnya, stok makanan, stok peralatan makan, dan lain sebagainya. Mereka harus bisa memastikan bahwa stok yang ada telah cukup, tidak berlebihan dan tidak berkekurangan, dan dari segi biaya pun idealnya sesuai dengan standar hotel.

Event Planner

Perencana acara atau event planner adalah tipe pekerjaan yang akan berhubungan dengan penyelenggara acara yang akan bekerja sama dengan hotel. Seperti yang kita tahu, hotel punya berbagai tempat yang bisa dipakai oleh pihak ketiga, misalnya ruang konferensi, ballroom, hall luas untuk acara makan, dan berbagai hal lainnya yang bisa dipakai untuk pameran, seminar, sampai pernikahan. Event planner akan bekerja sama dengan penyelenggara acara sehingga acara tersebut sukses dan bisa berjalan sesuai perjanjian.

Asisten Manager Hotel

Asistem manager hotel bekerja untuk mendukung kinerja dari manager. Mereka yang ada di jabatan ini harus bisa menyiapkan berbagai laporan dan tahu kondisi hotel secara aktual.

Manager Hotel

Jabatan tertinggi di hotel adalah manager hotel. Mereka yang berada di posisi ini bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi di hotel. Mereka akan memantau jumlah pengunjung sampai menentukan cara untuk mengatasi berbagai persoalan yang ada. Karena itulah, mereka yang berada di posisi ini harus punya pengalaman dan tahu benar bagaimana industri perhotelan bisa sukses.

pic by Google

Scroll to Top