Food Beverage Departement, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Food & Beverage Department

Food & Beverage Departement merupakan salah satu departemen yang ada di hotel dan termasuk departemen yang sangat penting, sebab dapat menghasilkan atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian tata hidangan atau F&B service.

Menurut mertayasa (2012:2) yang dimaksud dengan tata hidangan adalah bagian yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik di hotel maupun di luar hotel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F&B Departement adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan minuman yang disertakan dengan pelayanan.

Tujuan Kegiatan Food & Beverage Department

Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya maka dapat disimpulkan bahwa Food & Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber pendapatan yaitu:

  1. Sumber pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.

      Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel. Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.

  1. Meningkatkan Reputasi Hotel

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah, tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food & Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.

  1. Menambah Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan

Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama dari management Food & Bevarage Departement dikatakan demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi pelayanan dengan baik.

Food and beverage deptatement sendiri dibagi menjadi 2 bagian, faitu food beverage service dan food beverage product

Bidang pelayanan food and beverage service

1. Restoran

Merupakan bagian dari Food and Beverage Service yang dikelola secara komersial untuk memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada semua pelanggan yang datang.

2. Bar

Merupakan bagian dari F&B yang melayani dan menyediakan berbagai macam minuman baik yang mengandung alkohol maupun tidak, untuk diminum di tempat. Bar ini dapat berupa tempat/spot kecil atau bisa juga berupa konter minuman.

3. Banquet

Merupakan bagian F&B yang bertugas untuk menangani segala bentuk kegiatan jamuan atau pesta yang diselenggarakan oleh pihak yang membuat pemesanan ke hotel. Jadi, semua akan dipersiapkan secara matang, mulai dari jumlah tamu, menu hingga waktu pelaksanaannya.

4. Steward

Merupakan subdivisi dari Food and Beverage Product yang bertugas untuk mengurus semua peralatan restoran dan dapur di hotel.

5. Room Service

Merupakan bagian yang menyediakan pelayanan makan dan minum di dalam kamar tamu. Jadi ketika di restoran tamu bisa memesan makanan langsung ke waiter/waitress dan tamu juga dapat memesan makanan atau minuman melalui telepon yang tersedia di kamar.

Sedangkan food beverage product terbagi dalam beberapa posisi:

Tugas Dan Tanggung Jawab Masing-Masing Jabatan

Dari struktur organisasi F & B Product Departement diatas, dapat dilihat bahwa setiap karyawan atau staff memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Ada pun deskripsi jabatan untuk F & B Product Departement pada Inna Kuta Beach Hotel Cottage and Spa antara lain sebagai berikut:

1. Exceutive Chef
Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengorganisasikan dapur.
  • Menyusun menu
  • Memesan bahan makanan
  • Membuat rencana “ Layout” dapur
  • Memberi saran dan data alat-alat yang diperlukan
  • Menjaga kestabilan “ Food Assistant”
  • Mengkoordinasikan pegawai
  • Mengawasi pekerjaan pegawai

2. Sous Chef
Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengantikan tugas-tugas didapur pada saat executive chef tidak ada ditempat
  • Mengawasi langsung operasional dapur
  • Mengawsi pengadaan dan pembeliaan bahan makanan
  • Mengecek crew-crew yang bertugas
  • Mengawasi pengolahaan bahan makanan dan menjaga mutu makanan yang akan disajikan

3. Chef de Partie
Tugas dan tanggung jawab:

  • Bertanggung jawab pada masing-masing seksinya
  • Memesan bahan pada executive chef untuk keperluan seksinya
  • Mengawasi kelancaran tugas-tugas di seksinya

4. Pastry cook Supervisor
Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengawasi semua aktivitas yang dilakukan oleh pastry cook dalam membuat cake dan bread
  • Membantu pastry cook dalam membuat cake dan bread untuk breakfast dan hidangan untuk coffee break ( bila ada banquet order)

5. Pastry Cook
Tugas dan tanggung jawab:

  • Menyiapkan cake untuk hidangan breakfast
  • Membantu preparation Danish, croissant, cake,dan sandwich bread untuk hidangan breakfast
  • Membuat pizza dough, apple pie, dan black forest ( bila persediaan sudah habis)

6.Hot Kitchen Supervisor
Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengawasi pengolahan makanan guna menjaga mutu makanan yang akan disajikan untuk ala carte maupun order banquet
  • Membuat jadwal kerja untuk kitchen cook dan trainee
  • Mengecek cook yang bertugas sesuai dengan shiftnya

7. Hot Kitchen Cook
Tugas dan tanggung jawab:

  • Memasak bahan makanan yang disajikan
  • Menyediakan peralatan dapur yang akan digunakan pada saat mengolah dan menyajikan makanan

8.Cold Kitchen Supervisor
Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengawasi cold kitchen cook dalam membuat makanan yang akan disajikan
  • Membantu cold kitchen cook dalam mempreparation ala carte menu

9.Cook Helper
Tugas dan tanggung jawab:

  • Membantu tugas-tugas cook dalam seksinya masing-masing

 

Scroll to Top